5 Cara Membobol Wifi tanpa Aplikasi melalui Hp Android + PC, Mudah Berhasil

5 Cara Membobol Wifi tanpa Aplikasi melalui Hp Android + PC, Mudah Berhasil

Pangsa yang semakin menipis sementara kebutuhan untuk mencari dan online melimpah memang menjadi masalah besar di era digital saat ini. Tak heran banyak yang mencari informasi cara masuk ke Wifi tanpa aplikasi agar bisa internetan gratis Jaringan nirkabel atau Wi-Fi saat ini sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai gedung publik, kantor, kafe, bahkan rumah pribadi. Namun sayangnya tidak semuanya memberikan akses gratis dan memproteksinya dengan password sehingga tidak bisa diakses. Mendapatkan akses internet gratis memang menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika aktivitas online yang dilakukan agak padat. Sebelum membahas cara masuk ke Wifi tanpa aplikasi, ada baiknya untuk mengetahui apa itu Wifi itu sendiri.

Istilah Wifi memang sudah sangat familiar bagi para pengguna internet, walaupun mungkin ada juga yang belum familiar dengan Wifi. Jika dilihat dari singkatan Wifi, atau Wireless Fidelity, dapat diartikan bahwa Wifi adalah jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk mengakses Internet.

Dengan koneksi Wi-Fi ini, perangkat HP dan PC dapat terhubung ke Internet, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online. Mulai dari pertukaran informasi, hingga pengiriman pesan, foto, video, dokumen, streaming dan lainnya.

Akses Wi-Fi biasanya terdapat di lokasi terdekat. Jika jangkauannya besar, Anda dapat melihat koneksi Wi-Fi hingga 100 meter di area terbuka. Namun jika lokasinya cenderung padat dan banyak bangunan, jangkauannya cenderung lebih pendek, hanya sekitar 10-35 meter.

Untuk dapat mengakses sinyal atau jaringan Wi-Fi, perangkat Anda harus berada di titik akses atau hotspot jaringan nirkabel. Biasanya access point atau hotspot ini berada dalam radius 20 meter jika berada di dalam ruangan dan bisa lebih luas jika berada di luar ruangan.

Apa Fungsi Wi-Fi?

Sebelumnya kita berbicara tentang koneksi internet Wi-Fi yang diperlukan untuk dapat mengakses berbagai jenis informasi online dan aktivitas online lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fitur Wi-Fi yang perlu Anda ketahui.

1. Hubungkan perangkat ke Internet

Sekilas-tentang-Wifi
pinterest.com

Salah satu fungsi utama dari Wi-Fi adalah untuk menghubungkan perangkat seperti ponsel atau PC dan laptop ke Internet. Dengan Wi-Fi, PC, laptop, dan smartphone dapat terhubung ke Internet tanpa perlu kabel, sehingga sangat praktis.

2. Berbagi data atau file

Fitur lain dari akses Wi-Fi adalah sebagai sarana yang memungkinkan perangkat berkemampuan Wi-Fi untuk berbagi data atau file satu sama lain dengan cara yang lebih nyaman.

3. Koneksi antar perangkat

Dengan Wi-Fi, perangkat dapat dengan mudah terhubung satu sama lain. Salah satunya adalah untuk menghubungkan smartphone ke PC atau laptop tanpa perlu menggunakan USB. Namun syaratnya kedua perangkat tersebut mendukung perangkat Wifi.

4. Sebagai modem seluler

Fungsi lain dari Wifi adalah dapat menjadikan smartphone sebagai modem. Oleh karena itu, perangkat smartphone tidak hanya menerima sinyal Wi-Fi, tetapi juga dapat menjadi modem portabel yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal Wi-Fi.

Jenis Wi-Fi

Internet saat ini sebenarnya sudah menjadi salah satu kebutuhan penting karena hampir semua kegiatan sekolah, pekerjaan dan komersial membutuhkan akses internet. Untuk mendapatkan akses internet yang lebih stabil, jaringan Wifi dianggap sebagai solusi yang paling tepat.

Akses kecepatan internet sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu kecepatan internet downstream dan kecepatan internet upstream. Sedangkan menurut kecepatan penggunaan gelombang radio, jaringan internet dibedakan menjadi GPRS, 3G, 4G dan HSPA.

Sedangkan Internet Wifi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang mengacu pada standar 802.11 yang awalnya ditujukan untuk penggunaan LAN (Local Area Network). Namun, jaringan Wi-Fi saat ini dapat diakses dari perangkat portabel melalui Hotspot Wi-Fi.

Baca Juga  Download Aplikasi mypertamina Dapatkan Cashback dan Bonus Waktu Isi Ulang

Di bawah ini adalah beberapa jenis dan jenis kecepatan Wi-Fi yang perlu Anda ketahui:

Wifi tipe 802.11a dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas A dengan frekuensi 5 GHz.
Tipe Wifi 802.11b dengan kecepatan internet 11 Mbps, kompatibilitas frekuensi B 2,4 GHz.
Jenis Wifi 802.11g dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas B dan G pada frekuensi 2,4 GHz.
Tipe Wifi 802.11n dengan kecepatan internet 100 Mbps, kompatibilitas B, G dan A pada frekuensi 2,4 GHz.

Cara kerja Wi-Fi

Pada dasarnya cara kerja Wifi adalah dengan menggunakan gelombang radio. Berbagai jenis data yang dikirim oleh pengguna akan ditransmisikan di udara melalui gelombang radio. Untuk menerjemahkan data, Anda memerlukan adaptor nirkabel yang terhubung melalui Wi-Fi.

Gelombang radio yang berupa sinyal tersebut kemudian dikirim ke router yang berfungsi sebagai decoder atau penerjemah kode. Jika sudah diterjemahkan, data akan dikirim ke Internet menggunakan koneksi ethernet.

Keuntungan menggunakan layanan Internet Wi-Fi

Menggunakan layanan Internet Wi-Fi dipilih karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan akses Internet biasa di perangkat seluler. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang terlibat.

  1. Akses internet melalui Wi-Fi lebih cepat dan stabil.
  2. Tidak perlu menggunakan perangkat telepon untuk mengaksesnya.
  3. Proses koneksi cepat, mudah dan otomatis saat Anda berada di area hotspot Wi-Fi.
  4. Sangat cocok untuk berbagai aktivitas online yang membutuhkan data besar, seperti mengunduh file video, streaming game, dan lainnya.
  5. Lebih murah karena tidak perlu isi ulang kuota internet berkali-kali.
  6. Ini mungkin merupakan instalasi gratis, tetapi itu tergantung pada penyedianya.
  7. Tidak perlu khawatir kuota internet tiba-tiba habis.

Bagaimana cara meretas Wi-Fi tanpa aplikasi?

Penggunaan akses internet via Wifi memang banyak dipilih karena koneksinya jauh lebih cepat dan stabil. Untuk itulah banyak yang mencoba berbagai cara agar bisa bergabung dengan akses Wifi terdekat untuk mendapatkan akses internet gratis.

Untuk dapat mengakses Wifi yang telah diproteksi dengan password, pengguna harus memiliki password atau password yang telah terpasang. Bagaimana jika Anda tidak memiliki kata sandi? Berikut ini adalah cara masuk ke Wifi tanpa aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Cara meretas Wi-Fi tanpa aplikasi di perangkat smartphone

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk bergabung dengan WiFi yang sudah di password adalah dengan menggunakan setting IP address pada perangkat smartphone Android. Untuk bisa masuk Wifi tanpa aplikasi menggunakan perangkat Android, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, sambungkan ke jaringan Wifi.id yang biasanya menampilkan deskripsi Speedy Instant@wifi.id atau yang lainnya.
  2. Kemudian pilih jaringan Wifi dan pilih opsi Ubah konfigurasi jaringan.
  3. Berikutnya-pilih-jaringan-Wifi-dan-pilih-pilihan-Ubah-Konfigurasi-Jaringan
  4. Jika sudah, ubah alamat IP menjadi 192.168.1.2. lalu Simpan.
  5. Lanjutkan dengan membuka browser dan memasukkan alamat IP 192.168.1.254 untuk membuka pengaturan modem Wifi.
  6. Pada menu login, masukkan username dan password Anda dengan opsi ADMIN atau USER.
  7. Kemudian pilih opsi Pengaturan/Pengaturan > Wi-Fi.
  8. Cari menu SSID Name dan SSID Passphrase untuk mengetahui username dan password Anda.
  9. Jika Anda sudah tahu kata sandinya, sambungkan ke Wifi, selesai.

2. Cara Menghentikan Wi-Fi Tanpa Aplikasi di Perangkat PC atau Laptop

Selain menggunakan perangkat smartphone Android, cara masuk Wifi juga bisa diterapkan untuk pengguna PC atau laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan CMD atau Command Prompt yang sudah terinstall di OS Windows.

Jika Anda ingin membobol password Wi-Fi menggunakan CMD, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka jendela Run Administrator di PC atau laptop Anda.
  2. Kemudian cukup ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka aplikasi command prompt.
  3. Kemudian masukkan perintah netsh wlan show profile (Wifi name) key = clear lalu tekan Enter.
  4. Kemudian-masukkan-perintah-netsh-wlan-show-profile-Name-Wifi-keyclear-dan-kemudian-tekan-Enter
  5. Jika sudah, cek bagian Key Content untuk mengetahui password Wi-Fi atau password yang akan dibobol.

3. Cara masuk Wifi tanpa aplikasi melalui menu Jaringan dan Internet

Selain menggunakan dua cara di atas, ada juga cara lain yang bisa Anda coba untuk masuk ke Wifi, yaitu melalui menu Network dan Internet di Control Panel. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Pertama, buka menu Control Panel dan temukan opsi Network and Internet.
  2. Jika sudah, tekan menu Network and Sharing Center.
  3. Di jendela baru yang muncul, tekan opsi Kelola jaringan nirkabel.
  4. Kemudian pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda akses.
  5. Tekan menu Wireless Properties dan pilih Security.
  6. Tekan-menu-Nirkabel-Properti-dan-pilih-Keamanan
  7. Lokasi kata sandi Wi-Fi ada di kunci keamanan jaringan dan untuk melihatnya centang bagian Tampilkan karakter.

4. Cara gabung Wifi Indihome tanpa aplikasi

Indihome adalah layanan Internet yang disediakan oleh PT. TelkomIndonesia. Jika kebetulan akses Wifi tempat Anda akan diretas adalah layanan Indihome, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengetahui password dengan mudah.

  1. Pertama, pastikan Anda berada dalam jangkauan lokasi Wi-Fi.
  2. Pengaturan> Wi-Fi> Pilih Wi-Fi yang terhubung ke perangkat seluler> Properti> Masukkan alamat IP statis sesuai dengan perangkat yang digunakan dan tekan OK.
  3. Jika-sudah-terhubung-ubah-alamat-IP-dalam-cara-mengikuti
  4. Juga, nama pengguna dan kata sandi dapat diakses secara default menggunakan Nama Pengguna: admin dan Kata Sandi: admin.
Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Pengantin, Ubah Wajah Jadi Cantik

5. Cara Masuk Wifi Menggunakan Hp Xiaomi Tanpa Root

Cara masuk Wifi tanpa aplikasi ini bisa diterapkan di semua tipe hp Xiaomi dan semua versi MIUI. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, pilih SSID Wi-Fi tempat kata sandi akan dibobol.
  2. Kemudian pilih Pengaturan atau Pengaturan Jaringan Wi-Fi.
  3. Jika sudah, tekan opsi IP Settings dan ubah ke alamat IP statis.
  4. Jika-sudah-tolong-tekan-opsi-IP-Pengaturan-dan-ubah-ke-alamat-IP statis-
  5. Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat IP HP Xiaomi, IP router dan DNS.
  6. Jika Anda masih belum memahami opsi DNS, Anda dapat mengisinya secara default
  7. Kemudian tekan opsi Simpan
  8. Harap tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.
  9. Selesai dan otomatis akan terhubung ke jaringan Wifi tanpa perlu mengetahui password.

Mengapa Wi-Fi tidak dapat diretas?

Melalui cara-cara tersebut di atas, tidak semua orang bisa masuk Wifi dengan password. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pelanggaran Wi-Fi gagal, di antaranya sebagai berikut.

Koneksi internet tidak stabil

Ada beberapa cara masuk Wifi tanpa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, jika koneksi internet yang anda miliki tidak stabil maka tindakan cracking password Wifi bisa gagal. Oleh karena itu, agar aksi berjalan lancar, koneksi internet harus stabil.

Beberapa ponsel cerdas memerlukan root

Memang beberapa cara bisa dilakukan untuk masuk ke Wifi tanpa memerlukan root pada smartphone. Namun sayangnya tidak mungkin untuk mengakses atau meretas semua jenis Wifi tanpa root terlebih dahulu. Inilah yang membuat aksi peretasan Wifi gagal.

Sistem keamanan yang diperbarui

Cara masuk Wifi yang disebutkan di atas bisa gagal jika sistem keamanan di Wifi sudah diupdate dan diupdate. Karena salah satu cara untuk melindungi Wifi adalah dengan mengupdate password agar sulit dibobol.

Solusi jika gagal masuk ke Wifi

Jika cara membobol Wifi tanpa aplikasi tidak berhasil atau gagal, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan aplikasi tertentu. Salah satunya adalah peta Wi-Fi yang dapat digunakan tanpa perlu melakukan root pada perangkat smartphone.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana karena Anda hanya perlu mendownloadnya terlebih dahulu di Google Play Store. Dan kemudian buka aplikasi di perangkat smartphone Android. Jika demikian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, aktifkan fungsi GPS pada perangkat smartphone Anda dan aplikasi akan secara otomatis mencari jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar.
  2. Selanjutnya, pilih jaringan Wi-Fi untuk bergabung.
  3. Kemudian pilih menu Unlock password untuk melihat password di Wifi.
  4. Setelah itu akan muncul password Wi-Fi yang diinginkan dan tinggal copy paste saja.
  5. Coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi.

Ini mungkin karena fakta bahwa akses sinyal Wi-Fi yang diterima terhalang oleh dinding atau bangunan yang cukup padat. Mendapatkan akses Wi-Fi gratis sangat menguntungkan, apalagi jika Anda memiliki banyak bisnis online yang harus dilakukan. Namun sebelum menggunakan cara masuk ke Wifi tanpa aplikasi, pastikan Anda mengetahui semua risiko dan cara terbaik untuk mengantisipasinya.

Risiko membobol Wifi dapat dikenakan sanksi hukum

Mendapatkan akses internet gratis dengan mengakses Wi-Fi tanpa aplikasi memang sangat menguntungkan. Namun tahukah Anda bahwa hal tersebut juga memiliki risiko yang tidak boleh dianggap remeh? Karena pencurian akses internet dapat dikenakan sanksi hukum.

Risiko sanksi pidana

Inilah yang diatur dalam UU no. 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi. Aturan pencurian Wifi tertuang dalam pasal 22 UU No. 36 tahun 1999.

Dia menyatakan bahwa setiap orang dilarang melakukan tindakan tanpa hak untuk memanipulasi:

Akses ke jaringan telekomunikasi, akses ke layanan telekomunikasi dan/atau akses ke jaringan telekomunikasi khusus. Ancaman pidana diatur dalam pasal 50 undang-undang no. 36 tahun 1999.

Kesaksian tersebut diberikan karena orang yang mengakses jaringan Wifi tanpa izin telah melanggar hak pelanggan Internet yang posisinya sebagai pelanggan. Dengan kata lain, peretas Wifi telah mencuri hak penggunaan internet dari pelanggan internet.

Risiko perangkat lunak jahat

Risiko ini kemungkinan besar terjadi jika Wi-Fi yang diakses adalah Wi-Fi publik yang banyak tersedia di tempat-tempat umum. Meskipun Anda dapat menggunakannya secara gratis, itu tidak berarti aman untuk dilakukan. Pasalnya, akses internet di ruang publik rentan terhadap risiko serangan virus dan malware yang dapat merugikan Anda