Bagaimana Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula dengan Modal Minim

Bagaimana Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula dengan Modal Minim

Beberapa tahun ini, Bitcoin menjadi alternatif investasi baru oleh para investor muda. Perannya sangat fleksibel, karena bisa transfer secara digital ke seluruh dunia. Jika dikonversi, nilainya sangat fantastis. Lalu bagaimana cara investasi Bitcoin untuk pemula dengan modal minim?

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi dan hanya tersedia secara virtual. Sebagai aset kriptografi, Bitcoin dapat digunakan dalam transaksi digital tanpa perantara atau tidak melibatkan bank dan bebas biaya administrasi.

Bitcoin aman, independen, transparan, dan diakui secara global. Aman karena menggunakan teknologi kriptografi blockchain sehingga tidak mudah dipalsukan.

Dikatakan independen karena tidak melibatkan negara, lembaga atau bank yang mengontrol jalannya transaksi dan sistem. Jadi Anda dapat memeriksa uang Anda secara pribadi.

Transparan, karena semua transaksi disimpan dalam buku besar, bersifat anonim dan setiap orang dapat berpartisipasi tanpa harus mengidentifikasi diri. Sedangkan secara global, karena siapa saja bisa mengirim uang ke siapa saja dengan cepat dan murah selama 24 jam.

Selanjutnya, Bitcoin memiliki sifat terdesentralisasi, sehingga tidak ada pihak yang dapat mengontrol atau memanipulasinya. Bitcoin juga tidak mengenal inflasi. Banyak yang berpikir bahwa Bitcoin dapat melindungi aset dari inflasi dibandingkan dengan alat investasi pasar uang.

Cara berinvestasi Bitcoin untuk pemula dengan modal minimal

Jika Anda tertarik untuk mulai berinvestasi Bitcoin tetapi masih ragu karena Anda masih pemula dan memiliki modal yang terbatas? Anda tidak perlu khawatir, karena berinvestasi dalam Bitcoin dan aset kripto lainnya dapat dilakukan meskipun Anda memiliki modal yang minim.

Tentunya dibutuhkan kecermatan dalam berinvestasi bitcoin agar tidak merugi dan agar Anda bisa mendapatkan keuntungan. Lantas, bagaimana cara berinvestasi Bitcoin untuk pemula dengan modal minim? Yuk, lihat seperti di bawah ini!

Baca Juga  Pengertian itu Binance Coin (BNB) dan Cara Kerjanya bagi Pemula

1. Periksa peraturan

Sebelum memulai investasi Bitcoin Anda, Anda perlu memperhatikan peraturan cryptocurrency di Indonesia.

Menurut Surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor S-302/M.EKON/09/2018, cryptocurrency masih dilarang sebagai alat pembayaran di Indonesia, tetapi dapat digunakan sebagai instrumen investasi untuk dimasukkan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di Indonesia. bursa berjangka.

Di Indonesia, perdagangan mata uang kripto disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa terlebih dahulu apakah aset kripto yang ingin Anda beli terdaftar di Bappebti atau tidak.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa trading atau berinvestasi Bitcoin atau aset kripto lainnya di Magic, lho! Karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti, keamanannya terjamin.

2. Cari tahu cara menginvestasikan aset kripto

Sebelum memulai investasi apa pun, penting bagi Anda untuk mempelajari dan meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan alat investasi. Jika Anda ingin berinvestasi di Bitcoin, pastikan Anda telah melakukan penelitian menyeluruh.

Misalnya, pelajari cara kerja cryptocurrency dan dasar-dasarnya, pelajari istilah-istilah yang sering digunakan di dunia cryptocurrency, dasar-dasar dan teknisi Bitcoin sehingga Anda dapat mengembangkan strategi investasi.

3. Kembangkan strategi berdasarkan preferensi

Untuk mengeksekusi investasi apapun, tentunya Anda membutuhkan strategi yang tepat. Begitu juga ketika Anda ingin mulai berinvestasi di Bitcoin atau aset kripto lainnya. Anda juga perlu mengaturnya dengan baik untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan meminimalkan risiko.

Jika dalam berinvestasi saham, investor disarankan untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Itu sama di Bitcoin. Pelajari pergerakan harga Bitcoin dan sentimen pasar terkait sebelum memilih dan memperdagangkan bitcoin.

Nilai investasi Anda masih bisa naik atau sebaliknya, sekaligus Anda bisa memantau pergerakan cryptocurrency melalui pasar spot cryptocurrency. Anda juga dapat mempelajari tentang manajemen risiko dan strategi Anda saat berinvestasi dalam mata uang kripto.

4. Mulai buka akun cryptocurrency

Setelah memastikan aset kripto Anda terdaftar di Bappebti, Anda dapat mulai membuka akun aset kripto di Ajaib. Caranya sangat sederhana dan bisa dilakukan sepenuhnya secara online. Tidak hanya itu, Bitcoin juga merupakan salah satu aset kripto di Ajaib, sehingga Anda dapat dengan mudah berinvestasi Bitcoin di Ajaib.

Baca Juga  Decentralized Finance (DeFi) dalam Dunia Aset Kripto

Untuk mengetahui cara mengaktifkan aset kripto di Ajaib, Anda bisa membacanya di artikel ini.

Jika akun crypto Anda telah diverifikasi, Anda dapat mulai berinvestasi di Bitcoin dan aset crypto lainnya di Magic dengan modal yang cukup terjangkau! Jadi, Anda tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mulai berinvestasi Bitcoin.

Cara mendapatkan Bitcoin

Meringkas dari buku Fundamentals of Cryptocurrency Investing and Trading, ada tiga cara untuk mendapatkan Bitcoin, atau aset kripto lainnya, yang bisa Anda lakukan. Apa saja cara-caranya? Lihatlah

Mining

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan perangkat komputer yang disebut penambang kripto. Penambangan Cryptocurrency terkait dengan blockchain yang prosesnya dimulai dengan verifikasi transaksi di blockchain.

Setelah diverifikasi, transaksi akan dimasukkan ke dalam blockchain untuk mendapatkan aset kripto. Dengan menggunakan pertambangan, orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu tahu cara berhitung dan berhitung. Namun, perangkat lunak dan perangkat keras dengan spesifikasi tinggi diperlukan untuk menambang aset kriptografi.

Farming

Farming bertujuan untuk mendapatkan imbalan atau imbalan dengan memiliki aset kripto. Setelah mendapatkan sumber daya ini, Anda dapat menghasilkan aset kripto lainnya. Cara kerjanya terkait dengan penyedia likuiditas (LPS) atau penyedia likuiditas. LP berfungsi untuk menyediakan koin yang dipasangkan dengan koin lain dan digunakan sebagai likuiditas dalam pertukaran.

Staking

staking mata uang kripto adalah metode yang berfokus pada perdagangan aset kripto. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan aset di dompet yang memiliki layanan staking. Dimana, aset tersebut akan disimpan dalam blockchain dengan algoritma konsensus Proof-of-Stake (PoS) dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang diperoleh tergantung pada harga, jumlah, dan aktivitas cryptocurrency yang diblokir. Durasi penguncian juga berpengaruh pada keuntungan. Metode ini cocok untuk investor yang ingin mendapatkan penghasilan pasif dari cryptocurrency.

Namun, Anda perlu melakukan riset ekstensif untuk memilih platform trading yang akan dilakukan sebelum memilih metode staking. Kepercayaan ini penting karena investor akan membekukan aset kripto mereka untuk jangka waktu tertentu. Selama waktu ini, pengembang tidak dapat menjual aset kripto.